5 Ide Bisnis yang Bisa Cuan dari Orang Meninggal

Jakarta, CNBC Indonesia – Meski terdengar kontroversial, kenyataannya, di balik kematian terdapat peluang usaha yang dapat membawa berkah bagi orang lain. Bahkan, beberapa orang menggunakan situasi ini sebagai peluang untuk menjalani kehidupan mereka.

Ada beragam jenis bisnis yang akan kita bahas dalam artikel ini, mulai dari yang memerlukan modal kecil hingga tanpa modal, dan ada pula yang sebaliknya. Tingkat kompleksitasnya juga bervariasi, tergantung pada pengalaman dan keahlian pemilik usaha.

Mari kita simak beberapa ide bisnis yang dimaksud.

Pengurusan Jenazah & Rumah Duka

Pengurusan jenazah merupakan salah satu ide bisnis yang selalu diminati. Biasanya dijalankan oleh yayasan, seringkali bernaung di bawah yayasan pendidikan. Bisnis ini melibatkan penanganan jenazah dari awal, mulai dari proses pemandian, penyediaan ambulans, hingga pemakaman.

Pengurusan jenazah pada umumnya dilakukan oleh warga Muslim, sementara rumah duka memberikan layanan serupa untuk warga non-Muslim. Rumah duka menyediakan fasilitas seperti peti mati, pemandian, periasan, dan bahkan menyediakan jasa kremasi.

Baik penyelenggara jenazah maupun rumah duka, perlu memiliki tim yang siap menangani jenazah selama 24 jam dan membantu proses upacara pemakaman dengan bantuan rohaniawan.

Penyedia Lahan Makam

Krisis lahan makam menjadi isu serius, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Peluang bisnis muncul bagi mereka yang memiliki lahan kosong, tidak hanya sebagai lahan makam tetapi juga sebagai potensi bisnis properti lainnya.

Meski peluangnya menjanjikan, bisnis ini membutuhkan modal besar karena harga tanah tidak murah.

Pengrajin Batu Nisan dan Makam

Usaha pengrajin batu nisan atau kerajinan ukir batu nisan masih tetap relevan hingga saat ini. Berbagai jenis material seperti granit dan marmer digunakan untuk membuat batu nisan, dengan harga yang bervariasi sesuai ukuran.

Karangan Bunga

Bisnis karangan bunga tidak hanya diminati saat ada kematian, tetapi juga sebagai ucapan selamat untuk pernikahan atau perayaan lainnya. Pemilik bisnis dapat mengembangkan pasar mereka dengan mendekati berbagai instansi seperti LSM, partai politik, atau perusahaan besar. Tantangannya adalah menjadi kreatif dan dapat mengirim pesanan tepat waktu.

Produsen atau Distributor Peti Jenazah

Bagi yang tidak mampu memproduksi peti jenazah sendiri, menjadi agen penjual online dapat menjadi pilihan. Bagi yang ingin menjadi produsen, perlu kecerdasan dalam mengatur biaya produksi dan operasional. Sebagai distributor, kesiapan dalam menangani pengiriman yang melibatkan barang berat harus diperhatikan.

Dalam menghadapi kematian, muncul berbagai peluang usaha yang tidak hanya memberikan pelayanan, tetapi juga dapat menjadi sumber penghasilan bagi mereka yang bijak melihatnya. https://frutangjeruk.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*