Ahli Temukan KB Spiral untuk Laki-Laki, Terbukti Efektif!

Jakarta, CNBC Indonesia РAda kabar gembira bagi laki-laki yang ragu untuk menjalani vasektomi, tetapi tidak ingin memiliki anak. Para ahli menemukan jenis kontrasepsi baru yang hasilnya setara dengan vasektomi.

Melansir dari New York Post, jenis kontrasepsi yang diberi nama ADAM ini berupa hidrogel yang larut di dalam air. ADAM mampu secara signifikan mengurangi motilitas dan konsentrasi sperma yang hasilnya mirip dengan vasektomi. Hasil ini membuat ADAM diklaim sebagai “IUD untuk laki-laki”.

Sebagai informasi, pada perempuan, IUD (Intra Uterine Device) adalah alat kontrasepsi plastik atau tembaga yang dipasang hingga 10 tahun di dalam rahim untuk mencegah kehamilan. Alat kontrasepsi yang juga disebut KB spiral ini diklaim memiliki efektivitas tinggi dengan tingkat keberhasilan mencapai 99 persen.

“Kami sangat senang untuk membagikan hasil positif yang kami percaya akan membawa kami selangkah lebih dekat dalam mengubah lanskap kontrasepsi,” ujar salah satu pendiri dan CEO perusahaan perangkat medis Contraline, Kevin Eisenfrats, dikutip Rabu (10/1/2024).

“Data awal yang dirilis pada hari Kamis (5/1/2023), menunjukkan bahwa ada potensi untuk mencapai tingkat efektivitas yang serupa dengan alat kontrasepsi perempuan, seperti IUD,” imbuhnya.

Dalam pernyataannya, Eisenfrats mengatakan bahwa ADAM ditargetkan dapat menjadi pilihan utama bagi laki-laki yang mempertimbangkan untuk menggunakan alat kontrasepsi demi mencegah kehamilan.

Sebelumnya, Contraline melakukan uji coba awal terhadap 23 laki-laki sehat berusia 25-65 tahun yang berdomisili di Australia. Hasilnya, pergerakan sperma menurun 99,6 persen hingga 100 persen dalam waktu 30 hari setelah prosedur non-invasif.

Dalam prosedur non-invasif tersebut, hidrogel disuntikkan ke tabung reproduksi, vas deferens, untuk mencegah sperma masuk ke dalam air mani.

Menurut laporan Wired, prosedur selama 20 menit ini dilakukan dengan anestesi lokal atau umum dan pemotongan skrotum. Kemudian, hidrogel dimasukkan melalui kateter yang terhubung ke vas deferens.

Peserta yang diharuskan memiliki “parameter air mani normal” tersebut dibagi menjadi dua kelompok dan menerima jumlah hidrogel yang berbeda dengan tingkat keberhasilan implantasi 100 persen. Dilaporkan, para peserta penelitian tidak mengalami reaksi parah. Selain itu, efek samping yang dilaporkan bersifat ringan.

“Saya senang dengan hasil awal yang kami lihat dari uji coba ini. Sangat menarik untuk melihat hasil awal yang menunjukkan ADAM aman dan efektif,” kata ahli urologi sekaligus profesor di University of Wollongong, Dr. Peter Chin.

Selanjutnya, para peserta akan dipantau melalui tindak lanjut untuk menganalisis efek jangka panjang ADAM. Sementara itu, Contraline berencana untuk mengajukan Izin Perangkat Penyelidikan pada tahun ini sebelum meluncurkan uji coba di Amerika Serikat (AS). https://menjangkau.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*