Ganjar Jadi Pendingin Anies dan Prabowo, Netizen Komen Ini

Jakarta, CNBC Indonesia –¬†Obrolan soal Debat Capres 2024 yang digelar pada Minggu (7/1) pekan lalu masih ramai di media sosial hingga sekarang. Netizen banyak mengomentari soal pernyataan masing-masing calon presiden.

Laporan Drone Emprit menunjukkan analisis di media sosial X (dulu Twitter) yang terjadi sejak 7 Januari pukul 22.00 WIB hingga 8 Januari pukul 23.59 WIB.

Dalam laporan tersebut, Ganjar Pranowo menjadi capres yang paling sedikit mendapat sentimen negatif dari netizen, yakni sebesar 17%. Lalu disusul Anies Baswedan sebesar 23%, dan terbanyak Prabowo Subianto sebesar 64%.

Sementara itu, untuk sentimen positif dalam periode sehari pasca debat didominasi Anies Baswedan sebanyak 71%. Ganjar menempati posisi kedua sebanyak 69% dan terakhir Prabowo 31%.

“Ganjar hadir untuk mendinginkan dua paslon lain,” dalam laporan Drone Emprit yang dibagikan pendirinya, Ismail Fahmi, di akun X personalnya.

Peran Ganjar sebagai pendingin menjadi salah satu opini publik di media sosial yang memberikan sentimen positif. Selain itu, narasi ‘Let Him Cook’ ramai menyoroti Ganjar yang dinilai berhasil menguasai debat dan melancarkan serangan ke Prabowo soal data.

“Ganjar dianggap sebagai man of the match (pemenang perlombaan),” tulis laporan tersebut.

Lebih lanjut, Ganjar dinilai memiliki konteks pemahaman dan data yang lengkap berdasarkan pengalamannya di lembaga eksekutif dan legislatif.

Ada juga bahan candaan untuk Ganjar yang menambah ekspos gimik positif, yakni ‘Mamat Gunshop’. Istilah itu munjul lantaran Ganjar dan cawapres Mahfud MD tampil dengan busana unik ala film Top Gun.

Prabowo yang beberapa kali sependapat dengan pernyataan Ganjar juga menghasilkan sentimen positif bagi capres nomor urut 3 tersebut. Selain itu, Ganjar dinilai berani memberikan nilai 5 kepada kinerja Menhan Prabowo.

Kendati demikian, bukan berarti Ganjar sepenuhnya lepas dari sentimen positif. Meski porsinya paling kecil dibandingkan dua paslon lain, ada beberapa komentar netizen yang dinilai menjadi berdampak negatif ke Ganjar.

Salah satunya, Ganjar dan Anies dianggap menyerang personal ke Prabowo. Hal tersebut dinilai mempermainkan orang yang lebih tua.

Ganjar yang meminta buka-bukaan data dalam waktu 1 menit juga mendapat sorotan negatif dari netizen, berdasarkan analisis Drone Emprit. https://tahapapun.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*