Jokowi & Marcos Jr Sepakat Soal Perbatasan Sampai Urusan Kopi

Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr, di Istana Malacanang, Manila, Filipina Rabu (10/1/2024). Ada beberapa kesepakatan yang dihasilkan dari pertemuan itu.

“75 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Filipina adalah momen terbaik untuk lebih memperkuat kerja sama konkret kedua negara,” kata Jokowi saat memberikan keterangan pers bersama.

Kerja ada tiga kesepakatan yang dilakukan antar kedua negaraPertama, dari bidang politik dan keamanan dimana kedua negara sepakat memperkuat kerja sama perbatasan.

“Kemi sepakat memperkuat kerja sama perbatasan yang telah saya sampaikan pentingnya mendorong percepatan revisi border patrol agreement, border crossing agreement dan penyelesaian batas landas kontinen serta penguatan kerja sama pertahanan termasuk alutsista,” kata Jokowi.

Kedua, mengenai kerja sama ekonomi dan perdagangan, para kepala negara sepakat untuk untuk membuka akses pasar hingga jaminan ekspor kopi asal Indonesia.

“Kami sepakat untuk terus membuka akses pasar dan Indonesia meminta dukungan Filipina terkait dengan special ship guard measures untuk produk kopi Indonesia,” kata Jokowi.

Ketiga, kedua kepala negara sepakat mengenai pentingnya penguatan dan sentralitas ASEAN.

“Bukan hanya jargon serta ASEAN yang harus terus berpegang pada prinsip-prinsip hukum internasional dan menjaga positif force untuk menjaga perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran,” kata Jokowi. https://menghadapimu.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*