Seperti Anies, Jokowi Pernah Ungkit Tanah Prabowo 340 Ribu Ha

Jakarta, CNBC Indonesia – Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan mengungkit kepemilikan lahan milik capres nomor urut 2 Prabowo Subianto. Dalam debat ketiga Pemilihan Presiden 2024, Anies menyebut Prabowo memiliki lahan dengan luas mencapai 340.000 hektare.

Anies mengaku data kepemilikan lahan itu pernah disampaikan pula oleh Presiden Jokowi. Menurut dia, kepemilikan lahan super luas tersebut ironis ketika sebagian prajurit TNI tidak memiliki rumah dinas.

“Sementara menterinya Pak Jokowi, punya 340 hektare tanah di republik ini, ini harus diubah,” kata Anies dalam debat capres yang dihelat di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).

Dari hasil penelusuran, Jokowi memang pernah mengungkit kepemilikan lahan Prabowo dalam debat capres 2019. Saat itu, Jokowi mulanya menjelaskan capaian pemerintah periode pertamanya yang berhasil memberikan konsesi perhutanan sosial kepada masyarakat adat, petani dan nelayan dengan luas 2,6 juta hektare.

“Pembagian yang tadi saya sudah sampaikan hampir 2,6 juta memang agar produktif,” kata Jokowi kala itu.

Jokowi melanjutkan sertifikat ini diberikan untuk warga biasa, bukan orang-orang kaya. Mantan Wali Kota Solo itu lantas mengungkit kepemilikan lahan oleh Prabowo yang disambut dengan sorakan dari pendukungnya ketika itu.

“Saya tahu Pak Prabowo memiliki lahan yang sangat luas di Kalimantan Timur, sebesar 220 ribu hektare, juga di Aceh Tengah 120 ribu hektare. Saya haya ingin sampaikan bahwa pembagian-pembagian seperti ini tidak dilakukan di masa pemerintahan saya,” ujar Jokowi.

Lantas bagaimana jawaban Prabowo ketika itu?

Saat debat capres 2019, Prabowo tak membantah tudingan Jokowi soal lahan ratusan ribu hektare itu. Namun, Prabowo menyebut lahan tersebut adalah milik negara. Dirinya hanya mendapatkan izin untuk mengolah lahan tersebut.

Prabowo mengatakan lahan tersebut bisa sewaktu-waktu diambil kembali oleh negara. Menurut dia, dirinya lebih pantas mengelola lahan tersebut ketimbang dikelola oleh asing. “Kalau jatuh ke asing lebih baik saya yang mengelola, karena saya nasionalis dan patriotik,” kata dia.

Sementara dalam debat capres 2024, Prabowo hanya menjawab singkat mengenai tudingan Anies. Prabowo mengatakan data yang diucapkan Anies itu keliru. “Itu pun salah, itu pun salah. Mas Anies, jangan buka data yang salah,” ujar Prabowo. https://selerapedas.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*