Orang Kaya Israel Tambah Tajir, Ada yang Mesin Uangnya Populer di RI

Jakarta, CNBC Indonesia – Serangan Israel ke wilayah Gaza masih terus berlangsung, meski penolakan telah terjadi di berbagai belahan dunia. Bahkan gaung boikot produk Israel dan juga produk yang menyatakan dukungan semakin kencang. 

Di tengah situasi tersebut, catatan The Real-Time Billionaires List Forbes menunjukkan posisi ‘Top 5’ orang terkaya di negara tersebut belum berubah. Harta mereka bahkan cenderung bertambah. Seperti di antaranya Eyal Ofer yang tahun lalu berharta US$ 19,9 miliar, per 11 Januari 2023 hartanya US$ 21,6 miliar. 

Kemudian Idah Ofer yang naik dari US$13,9 miliar menjadi US$15,1 miliar. Hanya Dmitri Bukmah dan Igor Bukhman yang hartanya turun dari, masing-masing US$ 6,9 milar menjadi US$ 6,8 miliar. 

Sementara itu harta Yuri Milner tidak bergeming dari angka US$ 6,8 miliar. 

Adapun berikut mesin uang orang terkaya Israel tersebut

1. Eyal Ofer

Eyal Ofer adalah orang terkaya nomor satu di Israel. Ia menduduki peringkat ke-88 di dunia.

Pria berusia 73 tahun ini memiliki bisnis yang bergerak di bidang real estate, pelayaran, teknologi, perbankan, energi, dan sektor investasi lainnya.

Eyal adalah bos perusahaan berbasis di Monaco, beranama Ofer Global. Ia merupakan anak dari raja pelayaran Sammy Ofer dan memperoleh aset bapaknya itu atas hasil bagi dua dengan saudaranya Idan Ofer, yang juga miliarder Israel.

Portofolio real estatenya mencakup lebih dari 120 properti di seluruh dunia dan mencakup 15 Central Park West, 1250 Broadway, dan 50 United Nations Plaza di Manhattan. Aset Eyal lainnya termasuk VC tech fund O.G. Venture Partners, O.G. Energy dan saham di perusahaan publik Mizrahi Tefahot Bank dan Royal Caribbean Cruises.

2. Idan Ofer

Saudara Eyal Ofer ini mengoperasikan lebih dari 210 kapal bulk, kapal kontainer, kapal tanker minyak mentah di bawah bendera perusahaan Eastern Pacific Shipping. Dia juga merupakan pemilik 51% saham Israel Corp.

Idan juga memiliki 32% saham di tim sepak bola Spanyol Atletico de Madrid, serta 85% saham di klub bola Portugal FC Famalicao.

3. Dmitri Bukhman

Dmitri dan Igor Bukhman adalah dua saudara yang menjadi pemilik dari perusahaan pengembang game online, Playrix. Produk game online terkenalnya di antaranya adalah Homescapes, Fishdom, dan Township.

Baca:Israel Bohong Soal Gencatan Senjata, Gaza Kembali Berdarah
Dmitri dan Igor lahir dan tumbuh besar di Rusia. Keduanya telah memasarkan game online-nya sejak duduk di kelas SMA. Ia pun telah memindahkan kantor Playrix dari Rusia ke Israel pada 2022 beserta 1.500 karyawan asal Rusia.

Playrix kini menghasilkan perkiraan pendapatan tahunan lebih dari US$ 2,5 miliar. Bukhman bersaudara mengakuisisi saham di pengembang video dan game jejaring sosial Nexters Global.

4. Igor Bukhman

Kisah Igor tak ada beda dengan Dmitri. Keduanya pemilik perusahaan yang sama, sehingga harta kekayaannya yang dicatat Forbes pun juga sama, yakni masing-masing sebesar US$ 6,9 miliar.

5. Yuri Milner

Miliarder posisi kelima terkaya di Israel ini juga merupakan seorang kelahiran Rusia. Ia merupakan investor teknologi pendukung pertama Facebook dan Twitter melalui dana ventura miliknya, DST Global.

Pria yang telah melepas kewarganegaraan Rusia pada 2022 silam ini pun kini telah menjual sahamnya di dua perusahaan digital tersebut dan kemudian berinvestasi di Spotify serta Airbnb.

Miliarder ini juga memperbesar porsi sahamnya pada perusahaan teknologi asal China, termasuk Alibaba dan JD.Com, serta pembuat ponsel Xiaomi.

Nah, itu dia daftar orang terkaya Israel yang hartanya tak berkurang meski sedang perang di Gaza. Ada yang memiliki mesin kekayaan dari produk yang populer di Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat! https://gayunggoyang.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*