Pidato Prabowo Penuh Sindiran, Anies & Cak Imin Bilang Begini

Jakarta, CNBC Indonesia – Capres dan Cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Cak Imin mengirimkan pesan khusus ke Prabowo Subianto. Hal ini sebagai respons atas pidato Prabowo saat konsolidasi dengan relawan di Riau, Selasa (9/1/2024).

Pidato Prabowo kepada relawan di Riau diduga lebih banyak ditujukan ke Anies. Mendengar pidato Prabowo, Anies cuma merespons begini.

“Ya matur nuwun (terima kasih), Pak Prabowo,” kata Anies ditemui ditemui selepas acara resepsi Pernikahan Agung atau Dhaup Ageng Pakualaman di Pura Pakualaman Yogyakarta, Rabu (10/1/2024).

“Komentar saya itu saja, matur nuwun Pak Prabowo. Udah,” lanjut dia tersenyum.

Mengutip CNN Indonesia, Di tempat terpisah, cawapres nomor urut 1 Muhaimmin Iskandar alias Cak Imin juga sudah menyampaikan tanggapannya atas pidato Prabowo yang diarahkan ke koleganya, Anies Baswedan.

Capres dan cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar saat preskon di lokasi debat capres di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). Debat ketiga Pilpres 2024 yang diikuti oleh ketiga kandidat calon presiden tersebut bertema pertahanan, keamanan, geopolitik, hubungan internasional dan politik luar negeri. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

“Biar rakyat yang menilai lah,” ujar Cak Imin usai menghadiri agenda konsolidasi kader dan relawan di DBL Arena Surabaya, Jawa Timur, Rabu (10/1/2024).

Cak Imin menegaskan kubu AMIN menginginkan pemilu yang kondusif dan mengedepankan adu gagasan.

“Kita ingin proses politik ini kondusif, adu gagasan, tidak usah adu emosi. Yang paling penting adalah adu visi-misi,” ujarnya.

Sebelumnya, Prabowo blak-blakan menyerang balik Anies. Pertama, Prabowo merespons penilaian Anies Baswedan yang memberikan skor Kementerian Pertahanan era Prabowo 11 dari 100 pada saat Debat Capres 2024. Prabowo menjawab emang gue pikirin.

“Kemarin saya dapat penilaian dari seorang ya kalian tahu lha siapa yang memberikan nilai saya kan. Saya dikasih penilaian 11 dari 100. Jawaban saya, jawaban seorang anak Betawi kalau dari ente mah memang gue pikirin,” ungkap Prabowo saat konsolidasi relawan di Riau, Selasa (9/1/2024).

Pernyataan Prabowo lantas disambut teriakan para pendukungnya. Mereka langsung riuh dan menyebut-nyebut nama Prabowo.

“Aku gak apa-apa ya ngomong gini ya atau kalian mau dengar orasi kebangsaan bahwa kita harus begini begini begini ngantuk semua benar gak. Boleh aku ngomong gini? aku ngomong dari hati aku, tak pandai aku bohong-bohongan, tak pandai aku omon-omon kosong,” tutur Prabowo.

Kepada pendukungnya, Prabowo menegaskan seluruh jiwa raganya hanya untuk Indonesia. Dia pun ogah memikirkan skor yang diberikan Anies.

“Saya dari muda saya pertaruhkan nyawa saya naik gunung turun gunung masuk rawa membela merah putih. Dikasih nilai sekian emang gue pikirin,” ucap Prabowo.

Sudah cukup? belum. Prabowo lagi-lagi menyinggung soal pihak yang menyoroti tanah di Debat Capres 2024. Menurutnya, perlu dimengerti bahwa ada tanah yang statusnya Hak Guna Usaha (HGU).

“Ada pula yang nyinggung-nyinggung punya tanah berapa, punya tanah ini. Dia pintar atau goblok sih. Dia ngerti gak ada HGU Hak Guna Usaha, Hak Guna Bangunan, hak pakai iya kan,” ucap Prabowo.

Prabowo pun bilang bahwa tanah yang dimilikinya saat ini adalah tanah negara dengan status HGU. Maka, saat negara membutuhkan maka tanah tersebut akan diserahkan.

“Itu tanah negara saudara, tanah rakyat. Daripada dikuasai orang asing lebih baik Prabowo yang ngolah,” sebutnya.

Menurut Prabowo, soal ini harusnya tak perlu diperbincangkan di Debat Capres 2024. Apalagi data yang disajikan salah.

“Tapi manakala pemerintah memerlukan saya segera menyerahkan. Gak usah dibawa-bawa debat lha. Anda hanya memperlihatkan ketololan Anda,” sebut Prabowo.

Lalu, Prabowo pun mengklarifikasi pernyataan Anies Baswedan yang bilang soal kepemilikan lahan seluas 340 ribu hektare. Kata Prabowo data Anies salah. Menurut Prabowo dia punya lahan dalam bentuk Hak Guna Usaha (HGU) mendekati 500 ribu hektare.

“Kemarin juga salah-salah melulu itu bukan 340 ribu hektare bukan, mendekati 500 ribu hektare,” tegas Prabowo.

“Dia mau ejek, mau menghasut, dia mau bikin rakyat benci sama saya,” imbuhnya.

Prabowo kemudian menegaskan bahwa tanahnya saat ini sudah diserahkan kepada negara. Kata Prabowo saksinya adalah Presiden Joko Widodo. Tanah tersebut digunakan untuk proyek Food Estate atau lumbung pangan.

“Padahal Pak Jokowi ada, saya di Istana 2,5 tahun lalu saya sudah serahkan tanah itu kepada negara. Saya sampaikan ke Bapak Presiden kalau lahan ini dibutuhkan untuk lumbung pangan bangsa Indonesia pakai, lahan HGU saya gunakan saya siap dan kita sedang garap itu saudara-saudara sekian,” tuturnya.

Menurut Prabowo data-data yang disampaikan Anies menyesatkan. Prabowo bahkan bilang kalau Anies asal jeplak tanpa memberikan bukti atau data yang tepat.

“Jadi niat yang tidak baik, datanya salah, kalau bahasa Jawa asal jeplak. Biar lah gak apa-apa saya hanya menyampaikan ini agar kalian tidak ngantuk, supaya kalian terhibur,” ujar Prabowo. https://mauapalagi.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*