Satelit Baru Telkom Terbang Bulan Depan Dibawa Roket Elon Musk

Jakarta, CNBC Indonesia –¬†Telkom akan meluncurkan satelit baru pada Februari 2024 mendatang. Satelit dibawa oleh roket Falcon 9 dari perusahaan milik Elon Musk, SpaceX.

Tempat peluncuran satelit yang namanya masih digodok akan dilakukan di Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat (AS). Informasi ini diungkapkan oleh SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza.

“Telkomsat bekerjasama dengan SpaceX untuk meluncurkan satelit dari Bumi menuju ke ketinggian yang ditentukan, menggunakan roket Falcon 9,” kata Reza, Kamis (11/1/2024).

Sementara itu, Telkom bekerja sama dengan Thales Alenia Spaces untuk satelit barunya itu. Perusahaan kendaraan antariksa yang berbasis di Perancis akan bertindak sebagai kontraktor utama.

Salah satu tugasnya, Reza menjelaskan adalah terkait desain. Thales juga bertanggung jawab atas kontruksi, pengujian serta pengiriman ke lokasi peluncuran.

Bukan hanya itu, Thales Alenia Space juga akan bertanggung jawab saat fase launch and early orbit phase (LEOP). Ini setelah satelit lepas dari Falcon 9 hingga mencapai slot orbit yang berada di 113 derajat Bujur Timur.

Tahapan pengujian performa satelit saat sudah ada di slot orbitnya juga menjadi tugas Thales. Perusahaan memberikan dukungan pada sistem pengendalian satelit dari stasiun pengendali.

Selain itu, Thales akan melatih tim engineer Telkomsel. Dengan begitu diharapkan bisa siap mengoperasikan satelit selama beroperasi.

Reza menambahkan Thales akan memberikan konsultasi teknis satelit. “Dukungan lain seperti konsultasi teknis akan diberikan oleh TAS sepanjang masa pakai satelit,” kata dia.

Setelah meluncur Februari mendatang, satelit diharapkan bisa langsung beroperasi bulan April 2024. Ini bakal jadi satelit ketiga milik Telkom selain Telkom 4 dan Merah Putih. https://ceretemas.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*