Korea Utara Tembak Rudal, Korsel-AS-Jepang Deg-Degan

SHARE  

Kantor berita resmi Korea Utara KCNA merilis pada Selasa (19/12) bahwa pihaknya telah meluncurkan rudal balistik antarbenua (ICBM) Hwasong-18 sebagai latihan untuk mengkonfirmasi kesiapan perang pasukan pencegahan nuklirnya dalam menghadapi meningkatnya permusuhan dari Amerika Serikat. (via REUTERS/KCNA) Foto: Kantor berita resmi Korea Utara KCNA merilis pada Selasa (19/12) bahwa pihaknya telah meluncurkan rudal balistik antarbenua (ICBM) Hwasong-18 sebagai latihan untuk mengkonfirmasi kesiapan perang pasukan pencegahan nuklirnya dalam menghadapi meningkatnya permusuhan dari Amerika Serikat. (via REUTERS/KCNA)

Jakarta, CNBC Indonesia – Korea Utara menembakkan rudal jarak menengah di lepas pantai timurnya pada Minggu (14/12024), menurut militer Korea Selatan. Insiden ini terjadi ketika ketegangan meningkat setelah Pyeongyang meluncurkan rudal balistik antarbenua dan satelit mata-mata militer pertamanya baru-baru ini.

Laporan Reuters menyebut ada sebuah proyektil yang diyakini sebagai rudal telah jatuh, menurut penjaga pantai Jepang. Tampaknya rudal tersebut jatuh di luar zona ekonomi eksklusif Jepang, kata lembaga penyiaran publik NHK.

Rudal ditembakkan dari wilayah Pyongyang sekitar pukul 14:55 waktu setemoat, kata militer Korea Selatan dalam sebuah pernyataan. Mereka menyebut bahwa Seoul sedang menjalankan analisis terhadap rudal tersebut sambil berkoordinasi dengan Amerika Serikat dan Jepang.

Baca: Update Gaza, Ribuan Tentara Israel Cacat Permanen dan Sakit Mental

Pada November 2023 lalu, Korea Utara mengatakan pihaknya berhasil menguji mesin bahan bakar baru yang dirancang untuk rudal balistik jarak menengah.

Korea Utara telah meningkatkan tekanan terhadap Seoul dalam beberapa pekan terakhir. Negeri Kim Jong Un itu menyatakan Korea Selatan sebagai “musuh utama”.

Dia juga menyatakan bahwa Korea Utara tidak akan pernah bersatu kembali dengan Korea Selatan dan berjanji untuk meningkatkan kemampuannya dalam melancarkan serangan nuklir terhadap Amerika Serikat dan sekutu Amerika di Pasifik.

Pada Desember, Korea Utara mengatakan telah menguji rudal https://mesinpencarinenas.com/balistik antarbenua terbarunya untuk mengukur kesiapan perang nuklir melawan musuh. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*