Rakyat Jelata Minggir, Ramai-Ramai Warga India Sewa Jet Pribadi

SHARE  

Textron Aviation announced its flagship Cessna Citation Longitude super-midsize business jet has achieved certification from the European Aviation Safety Agency (EASA). This clears the way for customer deliveries to begin in the region. (Photo: Business Wire via AP) Foto: Ilustrasi Pesawat Jet Pribadi (Photo: Business Wire via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia – Ramai-ramai warga India menyewa jet pribadi. Tempat parkir jet-jet pribadi, setidaknya di bandara dekat kota Ayodhya India, penuh.

Ini terjadi ketika para crazy rich India bersiap untuk upacara pembukaan salah satu kuil Hindu di wilayah itu. Perdana Menteri (PM) Narendra Modi dan orang terkaya di Asia, Mukesh Ambani termasuk di antara sekitar 8.000 undangan yang hadir pada acara peresmian Kuil Ram, yang diyakini umat Hindu India menjadi tempat kelahiran Dewa Rama.

Baca: Konflik di Laut Merah “Makan Korban” Baru Lagi: China

Pembangunan kuil tersebut dimulai setelah Mahkamah Agung menganugerahkan situs tersebut kepada umat Hindu pada tahun 2019. Ini lebih dari dua dekade setelah massa dari Hindu menghancurkan sebuah masjid di sana- yang memicu kerusuhan mematikan- guna memenuhi janji kampanye utama Modi dan partai nasionalis Hindu-nya.

Upacara pembukaan ini dilakukan beberapa bulan sebelum pemilu nasional India. Partai Modi, Bharatiya Janata yang berkuasa, diperkirakan akan kembali menang.

Baca: Iran-Pakistan Saling Bombardir, AS-Rusia sampai China-Taliban Respons

“Ini menjadi seperti simbol status untuk diundang ke acara ini,” kata CEO layanan sewaan mewah India Club One Air, Rajan Mehra, menambahkan bahwa armadanya termasuk Dassault Falcon 2000 dipesan untuk melakukan beberapa perjalanan minggu depan, tulis Reuters, Jumat (19/1/2024)..

Para pejabat memperkirakan 100 jet pribadi akan mendarat pada 22 Januari. Slot parkir di Varanasi, sebuah kota yang berjarak sekitar empat jam perjalanan dengan mobil, juga penuh.

Ini juga ruang jet di bandara Gorakhpur. Padahal wilayah itu berjarak tiga jam berkendara.

Mehra sendiri sebenarnya tidak mengungkapkan harga sewanya. Namun situs pemesanan jet pribadi JetSetGo mencantumkan harga penerbangan pulang pergi Mumbai-Gorakhpur dengan jet Falcon 2000 dengan sembilan penumpang di dalamnya dengan harga sekitar US$74.000 (sekitar Rp 1,154 triliun).

Emas

Upacara ini juga memberikan dorongan bagi para pedagang perhiasan dan emas. Beberapa pengecer mengatakan patung Dewa Rama dan replika kuil berlapis emas- dengan harga antara US$361 dan US$2.647- sangat populer sehingga mereka kehabisan stok.

“Beberapa barang diimpor dari Thailand,” kata mereka.

“Pelanggan memintanya untuk dihadiahkan dan disimpan di rumah. Ada masa tunggu selama dua minggu,” kata manajer perhiasan HS Jewellers di kota Lucknow, Baldev Singh.

Baca: Swasembada Gula Terancam Cuma Mimpi, Tanda-tandanya Sudah Muncul

Ledakan Ekonomi

Kuil ini telah membawa ledakan ekonomi di Ayodhya, yang akan menjadi pusat ziarah bagi 1,1 miliar umat Hindu di India. Bahkan ini membuat harga properti yang meroket.

Minggu ini, bintang Bollywood Amitabh Bachchan membeli sebidang tanah seluas 10.000 kaki persegi (929 meter persegi) seharga US$1,7 juta. Ini kira-kira sembilan kali lipat harga tanah rata-rata di kota “berdebu” itu.

Kavling tersebut merupakan bagian dari pengembangan mewah House of Abhinandan Lodha (HoABL). Fasilitasnya mencakup spa dan kolam renang.

“Ada permintaan besar untuk proyek ini dari para profesional dalam negeri, yang bukan penduduk India. Permintaan ini berbeda dengan permintaan lainnya,” kata Ketua HoABL Abhinandan Lodha kepada Reuters.

“Masyarakat bertaruh pada kemakmuran ekonomi namun ada juga keterikatan emosional yang menjadi bagian dari kisah Ayodhya,” https://mesinpencarinenas.com/tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*