Pengumuman! Ini Kabar Baru Insentif 3.246 ASN yang Pindah ke IKN

SHARE  

Menteri PAN dan RB, Abdullah Azwar Anas dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi II DPR RI. (Tangkapan Layar Youtube Komisi II DPR RI Channel) Foto: Menteri PAN dan RB, Abdullah Azwar Anas (Tangkapan Layar Youtube Komisi II DPR RI Channel)

Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah bakal memberikan tunjangan bagi aparatur sipil negara (ASN) yang pindah ke Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur. Namun bentuk dan besaran yang diberikan masih dalam pembahasan dengan Kementerian Keuangan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil dan Reformasi Birokrasi (Men PAN-RB) Azwar Anas mengungkapkan kabar terbarunya. Di mana tunjangan akan diberikan hanya pada ASN yang pindah pertama kali ke IKN, disebut tunjangan pioneer.

PILIHAN REDAKSIMedia Asing Sorot Anies Baswedan di Pilpres, Sebut Abu Bakar Ba’asyirTegas! Sri Mulyani Beri Jawaban Menohok Isu Politisasi BansosSiap-Siap! 250 Ribu ASN Fresh Graduate Pindah ke IKN Tahun Ini

“Kita sedang bahas dengan Kementerian Keuangan. Tunjangan ini buat tunjangan mereka yang awal, istilahnya tunjangan pioneer. ini sedang kita rumuskan,” kata Azwar Anas di Kantor Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, di Jakarta, Senin (30/1/2024).

Menurutnya tunjangan ini dihitung juga melihat status ASN yang pindah. Melihat jumlah akomodasi atau rumah susun yang terbatas.

“Karena rumah susun terbatas maka ada yang sharing jadi kalau yang single kan bisa sharing,” tegasnya.

Namun kapan target insentif ini akan diberikan, Azwar Anas belum bisa memastikan. ia berujar hal ini masih dirumuskan.

“Lagi dirumuskan,” tegas Azwar Anas lagi.

Mengutip keterangan Kemen PAN-RB, setidaknya pemerintah akan memindahkan 3.246 ASN ke IKN pada tahapan pertama pada Juli hingga November 2024 mendatang. Sedangkan hunian yang siap sudah mencapai 1.740 unit.

Adapun tahapan pemindahan IKN berdasarkan UU IKN dibagi dalam lima fase. Fase pertama (2020-2024) pembangunan miniatur penyelenggara pemerintahan, fase kedua (2025-2029) pengembangan shared office di IKN, fase ketiga (2030-2039) pengembangan agile government.

Lalu fase keempat (2035-2039) pembangunan Kota Cerdas Industri 4.0. Sementara fase kelima (2040-2045) Pembangunan Kota Cerdas dengan https://mesinpencarinenas.com/Artificial Intelligence (Al).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*