3 Menteri Jokowi Bakal Maju Jadi Calon Ketua Umum Golkar

SHARE  

Presiden Joko Widodo memanggil sejumlah menteri untuk melakukan rapat internal mengenai masalah investasi di pulau Rempang, Provinsi Kepulauan Riau, Senin (25/9/2023). (CNBC Indonesia/Emir Yanwardhana) Foto: Presiden Joko Widodo memanggil sejumlah menteri untuk melakukan rapat internal mengenai masalah investasi di pulau Rempang, Provinsi Kepulauan Riau, Senin (25/9/2023). (CNBC Indonesia/Emir Yanwardhana)

Jakarta, CNBC Indonesia – Tiga menteri dari Kabinet Indonesia Maju akan bertarung memperebutkan kursi ketua umum Partai Golkar dalam Munas yang digelar tahun ini. Mereka adalah Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Kabar majunya tiga menteri Jokowi ke ajang pemilihan pemimpin Partai Golkar diungkapkan oleh Wakil Ketua Umum partai Golkar Bambang Soesatyo. Bamsoet, yang kini menjabat sebagai Ketua MPR, akan menjadi calon keempat dalam munas.

Artinya, ada empat orang yang dipastikan maju dalam Munas Golkar yang dijadwalkan berlangsung pada Desember yaitu Bamsoet, Airlangga, Bahlil, dan Agus Gumiwang.

“Setidaknya santer empat suara yang muncul di permukaan yang akan bertarung di forum Munas tahun ini. Ada Pak Airlangga, kemudian ada Pak Agus Gumiwang, kemudian ada Pak Bahlil, dan ada saya,” kata Bamsoet di kompleks parlemen seperti dikutip dari CNN Indonesia, Senin (11/3).

PILIHAN REDAKSIPDIP Berkoalisi dengan Kubu Prabowo, Mungkinkah?Jusuf Kalla Sebut Syarat Jokowi untuk Jadi Ketum Partai GolkarTeka-teki Ridwan Kamil Jadi Cagub Jakarta atau Jabar Dijawab Airlangga

Sebelumnya, salah satu organisasi pendiri Golkar, Ormas Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) menggelar konsolidasi internal untuk mendukung Airlangga maju kembali di Munas. Rapat dihadiri sejumlah peringgi MKGR yang sekaligus elit DPP partai Golkar.

Pertemuan tertutup itu digelar di kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan, Selasa malam (27/2).

“Kita juga berharap dari diskusi-diskusi masih ada keinginan dari kita semua mempertahankan Pak Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum di masa yang akan datang,” kata Ketua Umum Majelis Tinggi MKGR Roem Kono usai pertemuan.

Airlangga tidak berkomentar banyak saat dikonfirmasi soal rencananya mencalonkan diri kembali menjadi ketum Golkar dalam munas Desember nanti.

Saat ditanya terkait hal tersebut, Airlangga tidak menjawab gamblang. Dia hanya tersenyum dan mengatakan musyawarah nasional partai akan digelar Desember 2024 mendatang.

“Munas Desember 2024,” kata Airlangga singkat usai rapat pleno di DPP Golkar, Jakarta Barat, Minggu (10/3/2024), seperti dikutip oleh detik.com.

Jawaban Airlangga disambut tawa elite Golkar yang hadir. Setelahnya, Airlangga menyalami dan cipika-cipiki dengan Waketum Golkar Bambang Soesatyo atau Bamsoet. Hal itu juga dilakukan Airlangga ke elite Golkar https://mesinpencarinenas.com/lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*