Rumor Calon Kepala Daerah di Pilkada 2024, Kaesang, Erina Sampai RK

SHARE  

Petugas berjaga di Pilkada. (AP/Tatan Syuflana) Foto: Petugas berjaga di Pilkada. (AP/Tatan Syuflana)

Jakarta, CNBC Indonesia РNama-nama pesohor mulai masuk ke dalam bursa calon kepala daerah, yang akan bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada serentak pada November 2024.

Ridwan Kamil, mantan Gubernur Jawa Barat, bahkan telah mendapat sorotan dari publik setelah baliho foto dirinya dan bertuliskan ‘OTW Jakarta Nih’ bertebaran di sejumlah wilayah.

Namun, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Jawa Barat Ace Hasan Syadzily pun telah mengkonfirmasi bahwa Ridwan Kamil telah ditugaskan partai untuk maju di Pilkada Jabar ataupun DKI Jakarta.

“Ya memang Pak Emil mendapatkan penugasan di dua provinsi, yaitu provinsi Jawa Barat dan provinsi DKI Jakarta,” ucap Ace dikutip dari detikjabar, Senin (11/3/2024).

Baca: Real Count Kalah Jauh dari Prabowo, Ini Kata Anies Soal Maju DKI Lagi

Sementara itu, istri Ridwan Kamil, yaitu Atalia Praratya, ditunjuk partai untuk maju dalam Pilkada Wali Kota Bandung bersama dengan Ketu Partai Golkar Bandung Edwin Senjaya.

Di DKI Jakarata, Ridwan Kamil akan berhadap dengan mantan wakil gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Ia menjadi kandidat yang diusung Partai Gerindra.

“Benar [potensial dicalonkan]. Sementara ini yang saya lihat dari DPD [Gerindra] ya hanya Pak Ariza,” ucap Bendahara Partai Gerindra DPD Provinsi DKI Jakarta Iman Satria dilansir CNN Indonesia.

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan bahkan diisukan kembali maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta, sebagaimana disampaikan Bendahara Umum DPP Partai NasDem Ahmad Sahroni. Namun, Anies membantah karena akan fokus pada hasil Pilpres 2024.

“Kita sekarang sedang berfokus pada penuntasan penghitungan. Kita akan fokus di situ. Jadi sekarang ini tidak usah tengok kanan kiri, kita sekarang sedang fokus menuntaskan perjuangan dan ini adalah amanah jutaan orang,”

Di Solo atau Surakarta, tempat kelahiran Presiden Joko Widodo (Jokowi), nama yang masuk ke bursa calon wali kota Solo ia lah anak bungsunya, yaitu Kaesang Pangarep. Ketua DPW PSI Jawa Tengah, Antonius Yogo Prabowo mengatakan, ketua umumnya itu didukung Gerindra dan Golkar.

“Kalau Mas Kaesang mau turun ke Pilkada Solo kami semakin pede, peluangnya semakin besar, Gerindra dan Golkar juga sudah oke,” kata Yugo.

Baca: DPR Mulai Bahas RUU Daerah Khusus Jakarta Pekan Depan

Selain Kaesang, di Solo muncul pula nama putri politisi senior Akbar Tanjung, Sekar Tanjung; dan, Rheo Yuliana Fernandes yang merupakan putra Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, berdasarkan jajak pendapat Solo Raya Polling.

Sementara itu, istri Kaesang, Erina Gudono masuk ke bursa kandidat calon bupati Sleman. Nama menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu muncul atas masukan internal partai Gerindra, baik dari pusat maupun di daerah sendiri.

“Iya (nama Erina), masuk. Jadi dari DPC, kami laporan DPD. Nah, DPP itu punya wacana juga, misalkan nama Mbak Erina Gudono dimasukan dalam bursa tersebut,” kata Ketua DPC Gerindra Sleman HRhttps://mesinpencarinenas.com/ Sukaptana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*